Cari Lagu

Mang Koko

Koko Koswara, biasa dipanggil Mang Koko, (lahir di Indihiang, Tasikmalaya, 10 April 1917 – meninggal di Bandung, 4 Oktober 1985 pada umur 68 tahun) adalah seorang seniman Sunda. Ayahnya Ibrahim alias Sumarta, masih keturunan Sultan Banten (Sultan Hasanuddin). Ia mengikuti pendidikan sejak HIS (1932), MULO Pasundan (1935).

Bekerja sejak tahun 1937 berturut-turut di: Bale Pamulang Pasundan, Paguyuban Pasundan, De Javasche Bank; Surat Kabar Harian Cahaya, Harian Suara Merdeka, Jawatan Penerangan Provinsi Jawa Barat, guru yang kemudian menjadi Direktur Konservatori Karawitan Bandung (1961-1973); Dosen Luar Biasa di Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung (sekarang Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung), sampai ia wafat.

Bakat seni yang dimilikinya berasal dari ayahnya yang tercatat sebagai juru mamaos Ciawian dan Cianjuran. Kemudian ia belajar sendiri dari seniman-seniman ahli karawitan Sunda yang sudah ternama dan mendalami hasil karya bidang karawitan dari Raden Machjar Angga Koesoemadinata, seorang ahli musik Sunda.

a juga tercatat telah mendirikan berbagai perkumpulan kesenian, diantaranya: Jenaka Sunda "Kaca Indihiang" (1946), "Taman Murangkalih" (1948), "Taman Cangkurileung" (1950), "Taman Setiaputra" (1950), "Kliningan Ganda Mekar" (1950), "Gamelan Mundinglaya" (1951), dan "Taman Bincarung" (1958).

Mang Koko juga mendirikan sekaligus menjadi pimpinan pertama dari "Yayasan Cangkurileung" pusat, yang cabang-cabangnya tersebar di lingkungan sekolah-sekolah seprovinsi Jawa Barat. Ia juga mendirikan dan menjadi pimpinan Yayasan Badan Penyelenggara Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI), Bandung (1971). Pernah pula ia menerbitkan majalah kesenian "Swara Cangkurileung" (1970-1983).

Karya cipta kakawihan yang ia buat dikumpulkan dalam berbagai buku, baik yang sudah diterbitkan maupun yang masih berupa naskah-naskah, diantaranya:

* "Resep Mamaos" (Ganaco, 1948),
* "Cangkurileung" (3 jilid/MB, 1952),
* "Ganda Mekar" (Tarate, 1970),
* "Bincarung" (Tarate, 1970),
* "Pangajaran Kacapi" (Balebat, 1973),
* "Seni Swara Sunda/Pupuh 17" (Mitra Buana, 1984),
* "Sekar Mayang" (Mitra Buana, 1984),
* "Layeutan Swara" (YCP, 1984),
* "Bentang Sulintang/Lagu-lagu Perjuangan"; dan sebagainya.

Karya-karyanya bukan hanya dalam bidang kawih, tapi juga dalam bidang seni drama dan gending karesmen. Dalam hal ini tercatat misalnya:

* "Gondang Pangwangunan",
* "Bapa Satar",
* "Aduh Asih",
* "Samudra",
* "Gondang Samagaha",
* "Berekat Katitih Mahal",
* "Sekar Catur",
* "Sempal Guyon",
* "Saha?",
* "Ngatrok",
* "Kareta Api",
* "Istri Tampikan",
* "Si Kabayan",
* "Si Kabayan jeung Raja Jimbul",
* "Aki-Nini Balangantrang",
* "Pangeran Jayakarta",
* "Nyai Dasimah".

Mang Koko telah mendapat berbagai penghargaan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, lembaga atau organisasi masyarakat (LSM), seperti diantaranya Piagam Wijayakusumah (1971), sebagai penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat dalam hal ini Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dalam kategori "Pembaharu dalam Bidang Seni Karawitan".

Saat membaca riwayat kehidupan Mang Koko, akan ditemui seorang manusia yang telah memasrahkan jiwa dan raganya demi kehidupan dan kelestarian seni, khususnya seni Sunda. Namun ia merasa sudah cukup bila ia disebut sebagai seorang penghalus jiwa, sebab seperti diungkapkan dalam salah satu kawihnya, seni adalah penghalus jiwa. (Wikipedia)

0 comments:

Lagu Jawa

Lagu Sunda

Lagu Tarling

Doel Sumbang,Barakatak,Bungsu Bandung, Cianjuran,Darso,Dedi krisna,Detty Kurnia,Djajaka Soenda,Djajaka Soenda,Euis Komariah,Evie Tamala,Hetty Koes Endang,Itje Trisnawati,Kustian,Lagu Bodor,Lagu Sunda, Mang Koko,Nia Daniaty,Nining Meida,Oon B,Ria Fitria,Rika Rafika,Rya Fitria, Ohang,tembang sunda,Ujang Suryana,Wina,Yayan Jatnika,Yus Wiradiredja
Lirik lagu Sunda, Lagu Sunda, lirik sunda, tembang sunda, bobodoran, sisindiran, lirik tembang sunda, tembang sunda kenangan, lagu sunda kenangan, kumpulan lirik lagu sunda, download lagu sunda, bahasa sunda, sundanese lyric, koleksi lagu sunda, teks lagu sunda, teks lagu

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP